Bagaimana Jenis Kertas Yang Biasa Dipakai Dalam Kegiatan Surat Menyurat?

Diposting pada

Jika kamu menggunakan kertas surat yang sesuai, maka hasil dari tulisan akan lebih baik dan tidak mudah luntur. Kertas surat digunakan sebagai bahan pencetak surat yang sudah kamu tulis dan kemudian dikirimkan kepada pihak yang menerima suratmu. Lantas, bagaimana jenis kertas yang biasa dipakai dalam kegiatan surat menyurat?

Jenis kertas yang biasa dipakai dalam kegiatan surat menyurat
Jenis kertas yang biasa dipakai dalam kegiatan surat menyurat

Jenis kertas yang biasa dipakai dalam kegiatan surat menyurat

Kertas Surat Memiliki Ketentuan. Jawaban atas pertanyaan bagaimanajenis kertas yang bisa dipakai dalam kegiatan surat menyurat, akan kamu peroleh melalui artikel yang saya tuliskan kali ini. kertas memang memiliki beragam jenis. Sayangnya tidak semua jenis kertas dapat kamu gunakan untuk mencetak atau menulis surat.

Terdapat jenis surat khusus yang dijadikan standar penulisan surat. Nah, beberapa standar yang ditentukan ialah tinta tidak mudah meresap pada kertas, kertas surat harus tahan lama jika digunakan untuk menulis surat, dan lain sebagainya.

Jenis Kertas Surat dam Ukuran yang Digunakan Untuk Kegiatan Surat Menyurat

Jika kamu masih bertanya-tanya soal jenis kertas surat yang layak digunakan, pada paragraf ketiga ini akan saya sampaikan. Hal yang wajib kamu perhatikan pada jeniskertas surat ialah pembedaan berdasarkan wujudnya. Terdapat lima jenis kertas surat, yang terdiri atas:

  • Kertas tulis bergaris. Jenis kertas ini sudah sering kita jumpai sejak masa sekolah dasar hingga berumah tangga: digunakan untuk menulis surat yang menggunakan tulisan tangan.
  • Bond paper atau kertas HVS. Kertas HVS merupakan kertas yang digunakan untuk menulis surat asli atau laporan-laporan yang sifatnya cenderung resmi.
  • Bank paper atau doorshag. Jenis kertas bank paper ini adalah kertas yang sering digunakan sebagai lembar tembusan.
  • Stensil duplikator atau duplicating paper. Jenis kertas stensil duplikator ini merupakan kertas yang kerap digunakan untuk stensil atau untuk menggandakan tulisan.
  • Airmail paper. Jika kamu belum pernah mengirimkan surat melalui perantara pos udara, silakan menggunakan jenis kertas ini karena dikhususkan untuk menulis surat atau untuk pos udara.

Jenis kertas surat dan jenis kertas berdasarkan ukuran

Kalau pertanyaanmu terkait bagaimana jenis kertas yang bisa dipakai dalam kegiatan surat menyurat, belum terjawab sepenuhnya. Selain lima jenis surat di atas, seringkali di kantor pos menyediakan beberapa jenis kertas surat dan jenis kertas berdasarkan ukuran.

  • Warkat pos.
  • Kartu pos.
  • Kartu C7. Jenis kartu ini adalah kartu tanda tangan untuk kamu yang sering berurusan dengan kegiatan pos.
  • Wesel pos merupakan selembar kertas yang dapat kamu gunakan untuk mengirim uang dan berita pendek: berita diletakkan di dalam kolom berita.
  • Kartu pindah merupakan satu lembar kertas atau kartu yang bisa kamu gunakan untuk mengirim surat, meski khusus kepada para relasi, pasangan, atau keluarga, apabila mengalami pindah tempat tinggal.
    1. Kertas ukuran dobel folio = 42 cm x 33 cm.
    2. Kertas ukuran kuarto = 21 cm x 28 cm.
    3. Kertas ukuran folio = 21 cm x 33 cm.
    4. Kertas ukuran A4 (HVS) = 21 cm x 29,7 cm.
    5. Kertas ukuran A0 atau A nol atau rangkap empat = 84,1 cm x 118,9 cm.
    6. Kertas ukuran A1 atau A satu atau rangkap dua = 59,4 cm x 84,1 cm.
    7. Kertas ukuran A2 atau A dua = 45 cm x 59,1 cm.
    8. Kertas ukuran A3 atau A tiga atau lembar separuh = 42 cm x 29,7 cm.
    9. Kertas ukuran A5 memiliki media 14,8 cm x 21 cm, jenis kertas oktavo biasa digunakan untuk menulis surat -surat yang pendek.
    10. Kertas ukuran A6 atau A enam atau ukuran yang pendek = 10,5 cm x 14,8 cm.
The following two tabs change content below.
Gambar Gravatar

Indo Surat

Gambar Gravatar

Latest posts by Indo Surat (see all)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *