Macam-Macam Bentuk Surat yang Kamu Wajib Tahu

Diposting pada

Bentuk surat bermacam-macam sesuai ukuran dan juga fungsinya. Berdasarkan pengertiannya, surat merupakan lembaran kertas yang ditulis atas nama pribadi penulis ataupun bisa ditulis atas nama posisi (kedudukan) di dalam organisasi untuk menjelaskan beragam kepentingan.

Ada tiga jenis surat yang di kenal di masyarakat, adasurat pribadi, surat dinas, dan surat niaga.Jikalau ditinjau dari segi bentuk, isi, dan bahasanya. Begitu juga dengan penggolongan surat berdasarkan penggunaannya: surat dinas, surat resmi, dan surat pribadi.

Pada perjumpaan kali ini saya ingin memberikan sedikit informasi tentang bentuk surat yang mungkin sudah jarang digunakan akibat kemudahan berkirim kabar.

Bentuk Surat
Bentuk Surat

Berbagai Bentuk Surat

Bentuk surat merupakan pola surat yang menyesuaikan susunan letak dan bagian-bagian surat. Pada bentuk-bentuk surat acapkali digunakan dalam kegiatan kedinasan atau pekerjaan, serta keorganisasian. Tidak hanya itu, bentuk-bentuk surat kerap mempunyai bentuk susunan atau bentuk struktur yang berbeda dengan bentuk surat jenis lain.

Jika merunut ketentuan terdapat—enam macam bentuk surat—pola umum dalam surat-menyurat, yaitu: surat bentuk lurus penuh, surat bentuk lurus, surat setengah lurus, surat bentuk lekuk, surat bentuk menggantung, dan surat bentuk resmi Indonesia lama.

Selain memberikan enam macam pola umum dalam surat-menyurat, saya akan menyertakan penjelasan agar bentuk-bentuk surat bisa kamu pahami. Penjelasan tersebut berada di poin-poin di bawah ini.

1. Surat bentuk lurus penuh (full block style).

Bentuk surat yang penulisannya diawali dari pinggir sebelah kiri. Maksud bentuk penulisan ini adalah, mulai dari tanggal, kata penutup hingga kata lampiran yang ditulis di sebelah bawah penulisannya diawali dari sebelah kiri.

Pada surat bentuk lurus penuh memiliki ketentuan tentang batas ukuran yang dipakai: di pinggir kiri 20 dan kanan 80 elite atau untuk batas pinggir 15 dan kanan 75 pica.

2. Surat bentuk lurus (block style).

Pada dasarnya surat bentuk lurus tidak berbeda jauh dengan surat bentuk lurus penuh. Perbedaan dari surat bentuk lurus penuh dan surat bentuk lurus tampak pada penempatan tanggal, salam penutup, nama instansi, nama terang,dan nama jabatan yang ditulis di sebelah kanan surat.

3. Surat bentuk setengah lurus (semi block style).

Surat bentuk setengah lurus sesungguhnya tidak berbeda dengan surat bentuk lurus. Jika kamu teliti mengamati surat setengah lurus, perbedaan akan tampak pada ciri khas penulisan isi surat dan tiap alinea baru yang menjorok atau masuk ke dalam: lima hentakan di setiap alinea.

Pada praktik penulisannya, surat dengan bentuk setengah lurus kerap dipergunakan oleh perusahaan-perusahaan. Secara kesimpulan, surat bentuk setengah lurus ini merupakan perpaduan antara surat bentuk lurus dan surat bentuk lekuk.

4. Surat bentuk lekuk (indented style).

Pada surat bentuk lekuk, cara penulisan alamat pada surat tidak rata atau memiliki bentuk laiknya tangga, kemudian di setiap alinea baru dibuat menjorok ke dalam.

5. Surat bentuk menggantung (hanging paragraph).

Nah, pada surat bentuk menggantung pun tidak berbeda jauh dengan surat bentuk lurus. Jika diamati lebih teliti, perbedaannya hanya pada penulisan alamat dan alineanya saja. Di setiap alinea ditulis rata kiri, sedangkan di baris berikutnya dibuat menjorok ke dalam.

6. Surat bentuk resmi Indonesia lama.

Meski jarang diketahui dan jarang digunakan, surat bentuk resmi Indonesia lama ini memiliki ciri khas, yaitu penulisan alamat surat diketik di sebelah kanan di bawah tanggal surat.

Setelah membaca ulasan tentang bentuk surat, semoga segala informasi yang saya tuliskan kali ini menghilangkan tanda tanya di kepala. Sekian dari saya dan terima kasih.

The following two tabs change content below.
Gambar Gravatar

Indo Surat

Gambar Gravatar

Latest posts by Indo Surat (see all)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *