Menulis Menggunakan Bentuk Surat Indented Style

Diposting pada

Bentuk surat indented style atau surat lekuk dan bentuk surat setengah lurus sebenarnya tidak jauh berbeda. Jika kamu jeli mengamati, perbedaan terlihat pada penulisan alamat tujuan.

 

Bentuk Surat Indented Style

Bentuk Surat Indented Style

Bahwa pada bentuk surat lekuk penulisan alamat tujuan bergerigi: penulisan baris pertama alamat tujuan diawali dari margin kiri, kemudian baris kedua menjorok sejumlah lima hentakan dari awal garis pertama selanjutnya pada baris ketiga menjorok lima hentakan dari baris kedua, dan selanjutnya.

Beralih ke isi surat. Pada bentuk surat indented style atau yang lebih dikenal sebagai surat lekuk ini. isi suratnya diketik dari ujung bagian sebelah kiri. Kemudian, menggunakan ketentuan bahwa setiap alinea baru masuk ke dalam lima spasi.

Pada surat setengah lurus atau semi block style, penulisannya mempunyai gaya pada pengetikan alamat surat yang ditulis melalui bagian kiri, sedangkan pengetikan isi suratnya di setiap alinea masuk lima hentakan.

Ciri-Ciri Bentuk Surat Lekuk Atau Indented Style

Pada bentuk surat indented style atau bentuk lekuk ini bisa kamu lihat dari ciri khasnya, yaitu karakter pengetikan tempat dan tangga, kemudian salam penutup, nama, dan jawaban ditulis mulai dari sebelah kanan. Untuk isi suratnya kamu dapat mengetikkan 5 tab kedalam hingga terbentuk sebuah alinea baru.

Perlu kamu ketahui jika surat bentuk lekuk atau indented style hanya cocok jika kamu gunakan untuk keperluan surat yang alamatnya singkat. Maka dari itu, tidak semua surat bisa menggunakan bentuk surat lekuk ini. Nah, untuk mengetahui bentuk surat lekuk, silakan mengamati tata cara penulisannya.

Agar lebih jelas lagi tentang bagaimana menulis surat bentuk indented style atau bentuk lekuk, perhatikan contoh penulisan surat bentuk indented style atau surat bentuk setelah tata cara penulisan.

  1. Baris pertama alamat dimulai dari garis pinggir kiri.
  2. Lalu di baris kedua (nama jalan dan nomor) diawali 5 (lima) spasi dari garis pinggir sebelah kiri.
  3. Baris berikutnya adalah nama kota diawali 10 (sepuluh) spasi dari garis pinggir sebelah kiri.
  4. Kemudian, setiap alinea diawali 5 (lima) spasi dari garis pinggir sebelah kiri.

Contoh Bentuk Surat Indented Style

CV. VEDA

Jl. Kali Segoro Baru Raya No. 666 Telp. (024) 1234567

Kota Semarang

Nomor : 012/BA/XII/17 22 Desember 2017

PT. Keabadian

Jl. Patemon, Griya Sekargading Blok E No. 13

Kota Semarang

Hal : Permintaan Penawaran Smartphone

Dengan hormat,

Kami kabarkan kepada Anda bahwa di perusahaan kami sudah tersedia anggaran tahun 2018 untuk pembelian perangkat smartphone demi memberikan kelancaran atas kinerja perusahaan kami di bidang telekomunikasi dan informasi. Dari salah satu relasi, kami mendapatkan keterangan jika di perusahaan Anda bergerak dalam bidang peralatan dan perlengkapan perangkat smartphone yang memiliki kualitas terbaik.

Sehubungan dengan hal di atas, kami minta agar Anda bersedia mengirimkan surat penawaran mengenai peralatan dan perlengkapan smartphone, beserta keterangan-keterangan sebagai berikut:

  1. Cara penyerahan barang.
  2. Potongan harga yang diberikan.
  3. Layanan purna jual.
  4. Syarat pembayaran.
  5. Jumlah barang yang tersedia.

Tidak hanya itu, kami mohon kepada Anda agar menyertakan pulacatalog, leaflet, dan brosur barang tersebut.

Atas perhatian Anda, kami mengucapkan terima kasih.

Hormat kami,

Rony Sebrani

Direktur

Lampiran: 2 (dua) Lembar

Tembusan:

  1. …………….
  2. …………….

Demikianlah ulasan tentang bentuk surat indented style beserta ciri khas, tata penulisan, dan contoh surat. Semoga lewat artikel yang saya tuliskan kali ini memberikan informasi yang sesuai dengan kebutuhanmu. Sekian dari saya, semoga bermanfaat. Sekian dan terima kasih.

The following two tabs change content below.
Gambar Gravatar

Indo Surat

Gambar Gravatar

Latest posts by Indo Surat (see all)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *