Tahu Kah Kamu Apakah Fungsi Sebuah Surat?

Diposting pada

Sebelum membahas tentang apakah fungsi sebuah surat, lebih baik saya akan menjelaskan tentang pengertian surat terlebih dahulu. Surat merupakan alak komunikasi yang menggunakan bahasa tulisan pada media kertas yang erat kaitannya dengan kehidupan manusia.

Bertukar informasi. Lintas zaman, beberapa puluh tahun yang lalu hingga di zaman serba cepat seperti saat ini, semua manusia tak bisa melepaskan diri dari jalinan komunikasi atau kepentingan yang berkaitan dengan manusia lainnya: berada di sekitar maupun berada di tempat yang berjarak.

Fungsi Sebuah Surat

Kebiasaan Surat-menyurat Mulai Termakan Zaman

Tidak seperti saat ini, di zaman dahulu surat memiliki bentuk yang sederhana. Mulai dari penulisan, bahan, dan cara pengiriman pun dilakukan secara sederhana.

Bagai bumi dan langit, perbedaan kian kontras jika dibandingkan antara masa lalu dengan masa kini, yang secara teknis surat-menyurat tidak memerlukan bahasa tulisan, membutuhkan seorang kurir untuk mengirimkan, dan tak perlu keluar rumah untuk menuju tempat pengiriman surat.

Segala hal seolah tersedia di layar gawai (smartphone), termasuk kegiatan surat-menyurat. Nah, setelah mengetahui ulasan awal tentang pengertian surat, lalu pergolakan zaman yang berdampak pada kegiatan surat-menyurat, kini kita berganti pada apakah fungsi sebuah surat.

Apakah Fungsi Sebuah Surat?

Lalu, Apakah Fungsi Sebuah Surat?

Di era serba cepat seperti saat ini penulisan surat mulai beralih ke layar gawai ataupun melalui perangkat komputer, karena dianggap lebih praktis, efisien, terjangkau, dan bisa dilakukan kapan saja.

Bagi kamu yang masih setia berkirim surat, saya merasa tersanjung dan ingin bertepuk tangan atas kegigihanmu melawan gejolak zaman. Sesuai pepatah yang sempat saya di salah satu buku (saya lupa judulnya. He-he-he), yang menyatakan “Bahwa kata-kata yang lahir dari pikiran, kemudian diteruskan dengan tulisan tampak lebih jujur dan tak hilang dimakan zaman”.

Tidak kalah dengan surat elektronik, berkirim surat yang menggunakan bahasa tulisan di atas kertas tetap memiliki fungsi penting. Nah, fungsi tersebut terdiri atas:

a. Surat sebagai alat komunikasi.

Melalui surat kamu bisa saling berbicara melalui kata-kata yang tertulis, kemudian bertukar informasi, dan salin menyampaikan pesan yang berkenaan dengan sosiologi penulis.

Melalui surat kamu bisa saling bertukar kabar, cerita, serta gejolak batin meski jarak antar individu saling berjauhan. Melalui surat kamu bisa berbicara panjang lebar—bahwa kata-kata yang tertulis adalah kejujuran, sehingga kamu bisa menyampaikan segala pesan dengan biaya lebih rendah.

b. Surat sebagai wakil atau duta.

Jangan anggap remeh pada surat, sebab ia dapat mewakili diri sendiri atau orang lain sebagai tenaga suruhan untuk mendatangi seseorang yang berada di tempat lain: dengan berbicara panjang lebar hingga usai.

Dengan demikian kamu bisa menyelesaikan segala masalah tanpa perlu mengunjungi, kalau jarak yang ditempuh amat jauh. Melalui surat kamu bisa menekan biaya dan waktu daripada harus berkunjung ataupun melalui telepon jarak jauh (interlokal).

c. Surat sebagai barang bukti.

Surat, dalam arti luas, termasuk ke dalam dunia bisnis dapat dijadikan barang atau bahan bukti, entah itu berbentuk tanda tangan, surat pengiriman barang, resi atau pengiriman uang, kuitansi, faktur, surat perjanjian, dan berbagai macam surat yang berhubungan dengan bisnis lainnya. Bukti tersebut sering disebut sebagai “hitam di atas putih”.

d. Surat sebagai pedoman mengambil keputusan.

Arsip surat dapat disimpan dalam kurun waktu yang lama, dan bisa saja disimpan relatif singkat. Jika dibutuhkan, surat masih bisa dibaca kembali sebagai pedoman mengambil keputusan lebih lanjut, sebagai bukti otentik.

e. Surat sebagai alat memperpendek jarak, waktu,dan hemat tenaga.

Kalau kunjungan dirasa tidak penting, atau sebuah pembicaraan yang tak memerlukan bertatap muka, pilihan bijak adalah berkirim atau diwakilkan oleh surat.

f. Surat sebagai pengingat.

Surat yang dirasa penting perlu kamu simpan. Barangkali suatu saat nanti surat tersebut kamu perlukan untuk mengingat-ingat suatu momen penting yang terjadi pada hidupmu.

g. Surat sebagai bukti sejarah dan kegiatan.

Surat bisa kamu jadikan sebagai bukti dari momen-momen penting perjalanan dan perjuanganmu. Hal ini pernah dilakukan oleh para pahlawan untuk membuktikan jika mereka telah memerangi penjajah. Begitu juga dengan bukti kegiatan, organisasi, perusahaan, atau badan usaha.

Demikianlah jawaban tentang pertanyaanapakah fungsi sebuah surat yang tersimpan di dalam otakmu. Semoga artikel kali ini bermanfaat, dan tetap berkirim surat, ya?

The following two tabs change content below.
Gambar Gravatar

Indo Surat

Gambar Gravatar

Latest posts by Indo Surat (see all)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *