Tujuan Surat Undangan

Diposting pada

Seringkali saya bertanya, apa yang menjadi tujuan dari surat undangan? Pertanyaan tersebut berkali-kali hadir di saat usia saya sekitar delapan tahun. Berjalannya waktu jawaban mulai saya dapatkan, selain dari beragam peristiwa: seorang tetangga yang sering berkunjung untuk memberi surat, saya juga memperoleh jawaban tersebut melalui sebuah buku pemberian orang tua.

Apa Yang Menjadi Tujuan Dari Surat Undangan

Apa Yang Menjadi Tujuan Dari Surat Undangan

Memahami Pembentukan Kata ‘Undangan’

Untuk menjawab pertanyaan apa yang menjadi tujuan dari surat undangan, perlu mengetahui bagaimana kata undangan terbentuk dari bentuk kata dasar, yaitu undang dan mendapatkan akhiran –an. Maka kata undangan memiliki makna sebagai ‘panggilan agar datang’, kemudian ‘orang yang diundang’, dan ‘surat untuk mengundang’.

Kata lain yang terbentuk menggunakan kata dasar undang, seperti mengundang, yang memiliki makna ‘memanggil agar datang’, lalu mengundangkan yang maknanya akan berbeda, yaitu menjadikan undang-undang, dan perundangan yang bermakna segala sesuatu yang termasuk atau bertalian dengan undang-undang.

Bagian-Bagian dalam Surat Undangan

Sebelum kita lebih jauh membahas mengenai bagian-bagian dalam surat undangan, sebagai pengetahuan yang paling mendasar, kamu perlu mengetahui definisi singkat dari surat undangan.

Surat undangan merupakan surat dinas yang berisi undangan yang ditujukan kepada pejabat atau pegawai yang nama dan alamat kediamannya telah dicantumkan di dalam surat tersebut dengan harapan agar mereka dapat menghadiri rapat/ upacara/ pertemuan/ acara lain yang telah disebutkan di dalam surat oleh pihak pengirim.

Nah, langkah selanjutnya setelah kamu telah mengetahui tentang definisi singkat surat undangan adalah mengamati dengan seksama seluruh susunan atau bagan dar surat undangan. Yuk, kita simak bersama!

1. Kepala surat

Bagian kepala surat undangan terdiri atas:

  • Kop surat undangan yang isinya adalah nama jabatan dan lambang negara (bila berasal dari pejabat negara) atau nama instansi beserta logonya (bila bukan berasal dari pejabat negara);
  • Nomor surat, sifat, lampiran dan hal, lazimnya dituliskan di bagian kiri, tepat di bawah kop surat undangan;
  • Tempat dan tanggal pembuatan surat, biasanya diletakkan di sebelah kanan atas sejajar dengan nomor surat;
  • Kata Yth., yang diikuti oleh nama jabatan dan alamat penerima surat (tidak wajib) diletakkan di bawah hal.

2. Batang tubuh

Bagian batang tubuh atau bagian tengah surat lazimnya terdiri dari :

  • Alinea pembuka;
  • Isi undangan yang berisi informasi mengenai hari, tanggal, waktu, tempat dan acara yang akan dilangsungkan.

3. Kaki

Kaki surat undangan biasanya terdiri atas nama jabatan serta nama pejabat yang harus ditulis dengan huruf awal kapital dan tanda tangannya.

Sebagai penutup dari pembahasan mengenai apa yang menjadi tujuan dari surat undangan, saya akan menyampaikan dua hal penting yang perlu kamu perhatikan dalam surat undangan, yaitu format surat undangan memiliki format yang sama persis dengan surat dinas, yang menjadi pembeda adalah pihak penerima surat undangan dapat diketik pada lampiran.

Lalu, surat undangan dengan keperluan tertentu bisa berupa kartu. Kemudian, supaya kamu lebih mudah memahami penjelasan saya di atas, berikut ini saya berikan salah satu contoh format surat undangan:

Bersamaan dengan datangnya surat undangan ini, atas nama Camat kepala wilayah kecamatan Kemranjen, kami mengharap kehadiran saudara dalam acara workshop bertajuk “kreasi tari tradisional anak bangsa sebagai potensi wisata daerah” yang akan kami selenggarakan pada :

  • Hari : Minggu,
  • Tanggal : 10 Oktober 2014,
  • Pukul : 10.00 – 12.00
  • Bertempat di kantor Kecamatan Kemranjen, Jalan Pasar Wijahan, Banyumas.

Sekian informasi yang dapat kami sampaikan semoga Saudara dapat hadir dalam acara kami. Atas perhatiannya kami ucapkan terima kasih.

The following two tabs change content below.
Gambar Gravatar

Indo Surat

Gambar Gravatar

Latest posts by Indo Surat (see all)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *