Apa Yang Dimaksud Dengan Surat Pesanan Dan Bagaimana Menulisnya?

Diposting pada

Apa yang dimaksud dengan surat pesanan? Surat menyurat memang sudah seharusnya mengikuti rule nya sendiri. Lambat-laun surat sudah kehilangan posisi di hati masyarakat. Meski demikian, surat merupakan alat komunikasi untuk mengirimkan sebuah pesan demi memangkas jarak, waktu, dan biaya.

Apa Yang Dimaksud Dengan Surat Pesanan

Apa Yang Dimaksud Dengan Surat Pesanan Barang?

Apalagi surat menyurat dalam urusan bisnis. Ini akan sangat berbeda menulis surat formal dan tidak formal. Walaupun di jaman sekarang ini sudah banyak media yang lebih canggih seperti email dan messaging lainnya.

Namun, surat-menyurat tetap saja kita lakukan bukan? Surat terdiri atas beberapa jenis dan macam, seperti surat penawaran, surat dinas, surat izin, hingga surat pemesanan suatu barang atau jasa. Perjumpaan kali ini saya akan membahas tentang apa yang dimaksud dengan surat pesanan.

Ini di tujukan untuk sesuatu yang lebih formal, seperti pada perusahaan. Untuk cara yang lebih praktis kita memang mungkin menggunakan email dibandingkan via pos. Akan tetapi untuk bagannya surat menyurat dalam hal bisnis mempunyai aturan tersendiri.

Ada banyak format-format surat menyurat untuk perbisnisan yang tersebar di internet. Salah templatenya juga bisa kamu gunakan. Seperti pada tools MS. Office 2016 ke atas yang telah di lengkapi dengan banyak template surat bisnis yang dapat kamu contoh.

Apa yang dimaksud dengan surat pesanan? Mungkin kamu masih bertanya-tanya maksud dan fungsi dari surat jenis ini. Surat pemesanan barang merupakan surat yang berasal dari individu maupun instansi yang digunakan untuk memesan sejumlah barang atau jasa ke pihak penyedia.

Setelah mengetahui pengertian surat pemesanan, kini berlanjut ke tujuan dari surat pemesanan barang. Tujuan dari surat pemesanan barang tak berbeda dari pengertiannya, yaitu memesan suatu barang atau jasa yang diinginkan oleh individu ataupun instansi dalam beberapa jumlah yang dibutuhkan.

Apa Yang Dimaksud Dengan Surat Pesanan dan Hal-hal Penting Yang Wajib Dicantumkan

Nah, tentu kamu sudah tidak asing dengan barang yang dijual melalui Online dan dikirimkan setelah terjadi kesepakatan antar pembeli dan penjual. Memang beberapa tahun terakhir jual-beli Online tengah melekat di hati masyarakat. Jual-beli Online pun menggunakan beberapa poin yang menyiratkan jika mereka (para pelaku jual-beli Online) sedang berkirim surat pemesanan barang.

Poin-poin tersebut terdiri atas:

  • Jenis barang: jenis barang yang kamu pesan harus jelas, mulai dari bentuk cover, isi, hingga jumlah barang.
  • Kualitas barang: kalau kamu sudah menginginkan suatu barang untuk didapatkan, silakan ketahui bagaimana kualitas barang yang akan kamu beli.
  • Jumlah barang: cantumkan berapa barang yang ingin kamu pesan melalui surat pemesanan barang agar pihak penyedia lebih jelas.
  • Harga: seusai mengetahui jumlah barang dan kualitasnya, kamu pun patut mengetahui berapa harga jual dan berapa ongkos kirim.
  • Cara pengiriman barang: cara pengiriman barang juga harus kamu ketahui sebelum mengirim surat. Kira-kira aku mengambil ke kantor pos atau delivery atau melalui kurir.
  • Syarat penyerahan barang: kalau terdapat syarat penyerahan barang, maka kamu harus mencantumkan atau melampirkannya.

Surat pesanan memang berisi pemesanan barang. Surat jenis ini dibuar berdasarkan keinginan penawar untuk penjual berdasarkan adanya iklan di surat kabar atau majalah.

Surat pesanan harus kamu susun secara singkat, padat, dan jelas agar penjual bisa memahami tentang barang, jumlah, kualitas, dan cara penyerahan barang yang kamu inginkan.

Demikianlah informasi yang bisa saya ulas tentang apa yang dimaksud dengan surat pesanan. Semoga memberikan manfaat bagi kamu yang ingin memesan suatu barang atau jasa.

Sekian dari saya dan terima kasih.

The following two tabs change content below.
Gambar Gravatar

Indo Surat

Gambar Gravatar

Latest posts by Indo Surat (see all)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *