Tahu Kah Kamu? Apa Yang Dimaksud Dengan Menggunakan Kata-Kata Yang Lugas?

Diposting pada

Apa yang dimaksud dengan menggunakan kata-kata yang lugas? Ya, benar. Kata merupakan suatu unit dari suatu bahasa yang memiliki kandungan arti dan terdiri atas satu atau lebih morfem. Jika diperhatikan, kata adalah bahasa terkecil yang bisa berdiri sendiri. Biasanya kata terdiri atas dari satu akar kata tanpa memerlukan atau dengan adanya beberapa afiks.

Apa Yang Dimaksud Dengan Menggunakan Kata-Kata Yang Lugas?

Apa Yang Dimaksud Dengan Menggunakan Kata-Kata Yang Lugas?

Gabungan kata-kata selanjutnya akan membentuk frasa, kemudian klausa atau kalimat. Kata pun terdapat beragam makna, seperti kata lugas. Nah, pada perjumpaan kali ini saya ingin membahas tentang apa yang dimaksud dengan menggunakan kata-kata yang lugas, serta ulasan lainnya yang masih berhubungan dengan kata.

Pembagian Kata: Apa Yang Dimaksud Dengan Menggunakan Kata-Kata Yang Lugas?

Sebelum membahas lebih jauh tentang apa yang dimaksud dengan menggunakan kata-kata yang lugas, berdasarkan bentuknya kata dapat digolongkan menjadi empat bagian, yaitu kata dasar, kata turunan, kata ulang, dan kata majemuk. Kata dasar sering kamu jumpai pada beragam tulisan, sebab kata dasar merupakan dasar pembentuk kata turunan atau kata berimbuhan.

Afiks dan imbuhan ini adalah penyebab adanya kata turunan. Seperti di awal kata yang disebut prefix atau akhirkata yang disebut sufiks. Imbuhan yang berada di tengah dinamakan infiks. Penggunaan pada kata ulang ini berasal murni dari pengulangan kata dasar atau pun yang mengalami perulangan kata. Baik secara keseluruhan atau sebagian. Lalu kata majemuk adalah gabungan beberapa kata dasar yang berbeda dan membentuk suatu arti baru.

Kategori Kata pada Bahasa Indonesia dan Pengertian Kata Lugas

Dalam tata bahasa baku bahasa Indonesia, kelas kata memiliki tujuh kategori yang memiliki perbedaan jika dituliskan atau menjadi sebuah kalimat.

  1. Nomina atau kata benda yang digunakan untuk nama dari seseorang, tempat, atau semua benda yang dibendakan, misalnya kuda, buku.
  2. Verba atau kata kerja, yang menyatakan suatu tindakan atau pengertian dinamis.
  3. Adjektiva atau kata sifat, merupakan kata yang menjelaskan kata benda, seperti keras, lelah, cepat.
  4. Adverbia atau kata keterangan, merupakan kata yang memberikan keterangan pada kata yang buka kata benda, misalnya agak, sekarang, nanti.
  5. Pronomina atau kata ganti, merupakan kata pengganti kata benda.
  6. Numeralia atau kata bilangan yang menyatakan jumlah benda atau hal-hal yang menunjukkan urutan dalam suatu deretan, seperti satu, dua, tiga, dan seterusnya.
  7. Kata tugas merupakan jenis kata di luar kata-kata di atas, yang berdasarkan perannya, seperti kerjakan, ambilkan.

Apa yang dimaksud dengan menggunakan kata-kata yang lugas? Kata atau makna lugas merupakan kata atau makna lugas yang acuannya sesuai dengan makna kata yang bersangkutan. Sebagai perbandingan, lebih baik akan saya lampirkan kata atau makna lugas dan kiasan.

Contoh:

1. Adjektiva atau kata sifat.

Perihal yang pokok atau yang perlu saja: pembicaraannya selalu lugas, tidak pernah menyimpang dari pembahasan.

  • Bersifat apa adanya; lugu; serba bersahaja; serba sederhana; cara beriasnya luas, tidak mencolok.
  • Tidak berbelit-belit: kalimat yang digunakan lugas, tidak berbunga-bunga, tidak berlebih-lebih.
  • Tidak bersifat pribadi: cenderung objektif: masalah tersebut bisa diselesaikan secara lugas.

2. Kata atau makna lugas kaki si Andi (kakinya Andi), sedangkan kata atau makna kiasan: kaki gunung (lereng gunung).

Nah menggunakan Bahasa Indonesia sesuai dengan ejaan yang benar memang sudah kewajiban kita. Namun di jaman sekarang, pemakaian EYD yang berlaku lebih di tekankan pada penggunaan untuk sesuatu yang formal.

The following two tabs change content below.
Gambar Gravatar

Indo Surat

Gambar Gravatar

Latest posts by Indo Surat (see all)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *