Tentang Surat Kilat dan Surat Biasa

Diposting pada

Apa perbedaan surat kilat dan surat biasa? Banyak orang yang nggak ngerti akan perbedaan ini. Pos surat dulunya adalah satu-satunya jasa pengiriman surat yang ada di Indonesia. Sebelum berkembang ke jasa pengiriman yang lainnya.

Sejak zaman prasejarah manusia sudah mengenal dan melakukan kegiatan surat-menyurat. Meski tidak seperti sekarang, rutinitas surat-menyurat dilakukan mulai dari bentuk yang sangat sederhana, seperti pada lembaran daun kering, kulit hewan yang mengering, serpihan kayu, lempengan tulang-belulang, kemudian melalui kertas yang terbungkus amplop, dan kini melalui sebuah layar: email.

Apa Perbedaan Surat Kilat dan Surat Biasa

Apa Perbedaan Surat Kilat dan Surat Biasa

Kita sering sekali di bingungkan oleh istilah kilat atau biasa yang muncul dalam dunia pengiriman surat. Kalau jaman sekarang mungkin yang ekstra kilat sudah ada dalam genggaman kita yaitu smartphone.

Dengan sekali klik, surat atau Bahasa mayanya adalah surel kita akan sampai ke penerima dalam hitungan detik. Namun apa salahnya kembali mengulas tentang pengiriman surat yang lebih konvensional seperti via pos atau jasa pengiriman lainnya.

Pada pertemuan kali ini saya ingin berbagi informasi tentang apa perbedaan surat kilat dan surat biasa, seiring perkembangan zaman yang serba cepat dan mudah membuat kegiatan surat-menyurat mulai berkurang.

Tergerusnya Kegiatan Surat-Menyurat Imbas dari Perkembangan Zaman

Zaman pun telah berganti, kini perangkat komunikasi untuk surat-menyurat kian tergeser akibat hadirnya alat telekomunikasi yang lebih canggih.

Setiap individu di dunia saya rasa sudah tidak asing lagi dengan gawai (smartphone), yang menyediakan layanan berkirim surat elektronik atau email, atau melalui telepon yang menyediakan faksimile.

Melalui ulasan tentang apa perbedaan surat kilat dan surat biasa, semoga kegiatan surat-menyurat tetap bertahan, bahkan bisa berkembang, di saat era serba cepat hadir di tiap-tiap tangan masyarakat di dunia.

Pengertian Surat pada Bidang Administrasi

Pada dasarnya surat merupakan tiap-tiap tulisan yang memuat pernyataan dari penulis dan sengaja dibuat untuk menyampaikan beragam informasi kepada pihak atau orang lain. Surat termasuk alat komunikasi yang medianya melalui bahasa tulisan.

Bagi kamu yang pernah atau sedang aktif di organisasi tentu tidak asing dengan kegiatan surat-menyurat, karena dalam sebuah organisasi surat merupakan salah satu alat komunikasi administrasi antar sesama pegawai atau pejabat, baik secara internal maupun dengan eksternal: pihak luar.

Lalu-lintas surat-menyurat kemudian akan menimbulkan kesepakatan atau kebiasaan, tata cara, warna kertas, bentuk dan ukuran, gaya bahasa, kesopanan bahasa, etika, dan kode etik tertentu di dalam bahasa administrasi disebut sebagai tata persatuan.

Nah, sebelum beranjak ke pembahasan, ada baiknya kamu mengetahui fungsi surat, yang terdiri atas:

  • Sebagai wakil dan pengirim surat atau wakil sebuah instansi.
  • Dijadikan bahan pembuktian.
  • Sebagai pedoman guna mengambil tindakan lebih lanjut dari sebuah permasalahan.
  • Sebagai alat pengukur kegiatan instansi.
  • Sebagai sarana untuk memangkas jarak, waktu, dan biaya.

Kini berlanjut ke pembahasan tentang apa perbedaan surat kilat dan surat biasa. Surat kilat merupakan surat yang isi pesan harus dikirimkan atau pun disampaikan kepada penerima sesegera mungkin atau dalam kurun waktu secepat mungkin.

Dan juga, sebagai penerima yang akan membalas atau menanggapi surat tersebut harus dikirimkan kembali dengan kurun waktu yang cepat juga. Lantas untuk surat biasa, jika kamu memilih jenis surat ini, baik cara pembuatan dan pengirimannya, kurun waktu yang dibutuhkan tidak secepat surat kilat.

Hal ini dikarenakan surat biasa tidak harus diprioritaskan, seperti pada surat kilat.

The following two tabs change content below.
Gambar Gravatar

Indo Surat

Gambar Gravatar

Latest posts by Indo Surat (see all)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *